Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Misteri Kapal Mary Caleste

Misteri Kapal Mary Caleste

 Mystery Ship Mary Caleste
 
Tapi mari kita kembali pada waktunya untuk 1872 ketika kapal yang terbuat dari kayu, didukung oleh angin dan berlayar, dan kru yang menghilang
tanpa jejak.

Di sekitar 400 km sebelah timur dari Azores pada tanggal 5 Desember 1872, ketika awak melihat sebuah terpaut kapal di laut berombak. Kapten David Morehouse terkejut untuk menemukan bahwa kapal terarah adalah Mary Celeste, yang telah meninggalkan New York City delapan hari sebelum dia dan seharusnya sudah tiba di Genoa, Italia. Dia mengubah arah untuk menawarkan bantuan.
"Gambar Teluk Gibraltar disaat matahari terbenam"
Morehouse dikirim pihak asrama ke kapal. Belowdecks, keadaan kapal telah terombang-ambing, dan anehnya barang-barang milik awak yang masih di tempat kapal mereka. Hanya sekoci kapal hilang, dan salah satu dari dua pompa yang telah dibongkar. Tiga setengah meter air yang tumpah di bagian bawah kapal, meskipun kargo 1.701 barel alkohol industri sebagian besar masih utuh. Ada pasokan enam bulan makanan dan air, tetapi tidak seorang pun mengkonsumsinya.




Maka lahirlah salah satu misteri yang paling lama dalam sejarah per-bahari-an : Apa yang terjadi dengan sepuluh orang yang telah berlayar kapal Mary Celeste? Melalui dekade, kurangnya fakta keras hanya mendorong spekulasi mengenai apa yang mungkin terjadi. Teori telah berkisar dari pemberontakan untuk bajak laut untuk monster laut waterspouts pembunuh. 1884 cerita pendek Arthur Conan Doyle berdasarkan kasus mengemukakan penangkapan oleh seorang pendendam mantan budak, film 1935 menampilkan Bela Lugosi sebagai pelaut pembunuh. Sekarang, penyelidikan baru, menggambar pada teknologi maritim modern dan dokumen yang baru ditemukan, telah disatukan skenario yang paling mungkin terjadi.

Kapten kapal Mary Caleste adalah Benjamin Briggs, 37 tahun. Pada 7 November 7, 1872, kapal berangkat dari New York, dengan penumpang kapten Briggs, istrinya, anak perempuannya dan dengan delapan awak kapal. Kapal itu membawa bahan mentah alkohol 1.700 barel, menuju Genoa, Italia.



Sejak itu kapal Mary Caleste beserta seluruh awaknya tak pernah kelihatan lagi. Juga tak pernah sampai di tujuan. Apa yang terjadi, tidak ada yang tahu. Sampai suatu ketika ditemukan kapal itu di tengah Selat Gibraltar. Sudah diperiksa, tidak ada tanda-tanda bekas keributan atau apapun yang bisa memperkirakan peristiwa yang terjadi di kapal sebelum hilangnya semua awak secara misterius.Semua dokumen kecuali log kapten, hilang dan tak berbekas.

Pada sekitar awal 1873, dilaporkan bahwa ada dua sekoci mendarat di Spanyol. Yang satu berisi satu mayat dan bendera Amerika, yang satunya lagi berisi lima mayat.Diduga, korban korban itu adalah sisa-sisa awak Mary Celeste. Namun anehnya, tubuh mereka tidak pernah diidentifikasi.

pertanyaannya apa yang terjadi sebenarnya  di kapal Mary celeste ?

Open Comments

1 komentar untuk "Misteri Kapal Mary Caleste"

Unknown 3 Februari 2014 pukul 20.06 Hapus Komentar
terimakasih untuk informasinya